Minggu, 19 Januari 2014

How to make Certificate using mail merge with Ms. Word

Di postingan sebelumnya saya sudah membagikan cara membuat grafik pada Ms. word. Sekarang, saya akan membahas tentang membuat sertifikat menggunakan mail merge yang ada di Ms. Word. Kenapa kita pakai Mail Merge?? biasanya khan kalo mau membuat sertifikat itu bisa ada ratusan nama,nomor,alamat, predikat yang harus diketik. dan untuk memudahkan agar tidak perlu membuat ratusan page pada 1 judul word, kita menggunakan Mail Merge.
Langkah - langkahnya sebagai berikut :

1. Bukalah Ms. Office word, dan buatlah master design sertifikat seperti contoh di bawah ini :

2. Buatlah Data peserta menggunakan Ms. Excel seperti contoh di bawah ini :

3. Buka Kembali MS. Word yang tadi telah disimpan, Klik Mailings --> Start Mail Merge lalu Pilih
    Directory
4. Klik Select Recicpient --> Use Existing List. Carilah dimana anda menyimpan data excel yang dibuat
    kemudian Klik OK
5. Selanjutnya Klik Insert Merge Field dan Tempatkan sesuai dengan daerah yang ada di kolom
6. Setelah menempatkan semua kolom di tempatnya. Klik Preview Result.
7. Untuk melihat data sertifikat yang lain klik arah panah ( Next atau Previous )
8. Voila!! Selesai sudah. :)

Selamat mencoba ya temans.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger